Pengganti Antena TV seharga 10.000

Alat ini bisa digunakan sebagai pengganti antena TV, gambarnya lebih jernh, dan tak perlu memutar-mutar mencari arah.

Alat ini cocok untuk tempat yang terhalang gedung, ruangan rapat (karena pasang AC), tempat yang jauh dari pemancar stasiun TV.

Alat ini praktis tinggal dicolokan dan diletakan dimana saja gambarnya jelas.

Prinsip kerja alat ini secara elektro magnetik, sehingga menangkap gelombang siaran TV lebih bagus dan kuat dari pada antena biasa yang hanya berupa aluminium.

Jika alat ini di sambungkan dengan antena luar bisa menguatkan dan menajamkan siaran TV, gambar yang berbayang, bintik atau sama sekali tidak keluar bisa dikutakan sehingga gambarnya jadi tajam dan bagus.

Begitulah kurang lebihnya yang saya dengarkan dan masih saya ingat sebagian yang di ucapkan berulang-kali oleh penjual alat (katanya pengganti antena TV).

Kejadian ini saya alami ketika hendak membeli kura2 di jalan irian barat, di tempat ini biasanya pada hari rabu dan sabtu adalah tempat di perdagangkan ikan, kura2, ular, tikus, kelinci, dan hewan2 lainnya dan juga tak luput juga barang yang unik2.

Saya tertarik pada kerumunan orang yang sedang mengitari penjual antena TV. Dengan semangatnya penjual mempromosikan dan mendemontrasikan alat tersebut kepada penonton. Hanya sebentar saja saya perhatikan 5-8 orang membeli alat tersebut.

Saya heran ada alat bagus dan berguna itu di jual murah seharga 10.000 rupiah

Namun saya penasaran juga, keingin tahuan sebenarnya prinsip kerjanya bagai mana, apakah itu betulan atau hanya tipu muslihat saja. memang saat di demokan jika alat itu di pasang TV keluar gambarnya, soal jernih tidaknya kurang jelas saya amati karena TV-nya saja hitam putih dan sangat kecil (mungkin sekitar dibawah 6 inci). Dan saat demo juga sangat cepat, penonton tak diberi kesempatan tuk mencoba sendiri.

Akhirnya saya membeli satu buah seharga 10.000 alat tersebut. Walau saya pikir buat apa alat ini, toh TV saya dah memakai antena luar dan lumayan jernih juga walo tak pakai booster.

Sesampainya di rumah saya pasang dan ternyata benar dugaanku, hasilnya walo ada gambarnya namun sangat jelek jauh dari yang di gambarkan penjualnya.

Saya pasang ulang kali ini saya sambungkan ke antena luar pada bagian masukan antena, dan memang gambarnya jelas dan bagus namun bila di bandingkan dengan tanpa alat ini kualitasnya sama saja. Jadi mana fingsi penguat dan penjernih dari fungsi alat ini.

Langkah selanjutnya saya bongkar untuk melihat rangkaian didalamnya. Gambaran saya kalu berupa penguat pasti ada rangkaian elektronikanya atau jika berdasarkan elektro magnetik berati ada kumparan atau lainnya sebagai pengganti antena. dan kecurigaan saya terbukti setelah saya bongkar ternyata isinya hanya sebuah saklar dan 2 buah port masukan tuk konektor antena. Bila saya simpulkan layaknya sebuah selektor atau saklar tuk memilih dimana ada dua masukan atau sumber dan satu keluaran masuk ke TV.

Jadi berdasarkan isi tersebut bagian mana yang digunakan tuk menguatkan sinyal, bahkan untuk menangkap gelombang pemancar TV, jika diamati justru kabel beberapa centi meter tersebutlah yang bisa menangkap gelombang, itu aja hanya alakadarnya. bahkan juka di hubungkan ke antena luar justru pelemahanlah bukanya penguatan yang terjadi, karena penambahan loss pada sambungan konektor tersebut dan juga penambahan panjang kabel.

Jadi bagaimana hanya dengan satu buah saklar geser dan konektor antena tersebut bisa menangkap siaran TV dengan jernih bahkan menguatkan gambar.

salah satu bentuk model lainnya:



About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Elektronika dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Pengganti Antena TV seharga 10.000

  1. ageng berkata:

    Oh… gitu ya
    Kunjungi balik ya!

    • X-Tron berkata:

      Thanks sob dah ngasih koment.. aku dah ngunjungi blog mu.. sip.. bagus banget isinya.. mari kita saling berbagi belajar membuat blog menjadi lebih baik…..

  2. agus berkata:

    jaman sekarang penjual pinter2an ngomong yo mas,bila sudah tergoda gampang sodorin harga murah tak peduli kualitas pasti terpikat,tinggal kitanya kuat2an iman,tul ga mas,from yudabjm@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s