Asal Usul Nama Rupiah

Rupiah (Rp) adalah mata uang Indonesia (kode internasionalnya adalah IDR). Kata Rupiah berasal dari bahasa Sansekerta, Ru-Pya. Dengan cara penulisan huruf u ada garis – di atasnya, sehingga dibaca u lebih panjang Ruuuu Piya.
Kata tersebut berarti perak, khususnya perak yang dicetak/ditempa. Masih ada bukti yang lebih otentik asal usul kata rupiah tersebut. Nama rupiah diambil dari kata “rupia” dalam bahasa Mongolia yang dalam bahasa Mongolia maupun Sansekerta juga berarti perak. Itu sebabnya sampai sekarang kita sering bilang rupiah sebagai perak. Sejak dulu nenek moyang kita bilang seratus perak, lima perak, dan sebagainya.
Nama Rupiah pertama kali digunakan secara resmi dengan dikeluarkannya mata uang rupiah jaman pendudukan Dai Nippon pada perang dunia II. Setelah perang selesai, Bank Jawa, pelopor Bank Indonesia, mengeluarkan Rupiah. Sedangkan Tentara Sekutu mengeluarkan Gulden Nica. Pada tanggal 2 November 1949, rupiah ditetapkan sebagai mata uang nasional.
Sementara itu di daerah-daerah lain di di daerah yang sekarang disebut Indonesia, banyak beredar uang yang bertalian dengan aktivitas gerilya.
Pada tanggal 2 November, 1949 rupiah ditetapkan sebagai mata uang nasional. Di daerah kepulauan Riau dan Papua, kala itu masih digunakan mata uang lain. Baru pada tahun 1964 dan 1971 rupiah digunakan di sana.
Di daerah Timor Timur, rupiah digunakan dari tahun 1976 – 2001. Semenjak tahun 2001 sampai sekarang digunakan dolar AS.
Pos ini dipublikasikan di Asal Usul. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s