Mengapa Bangsa Maya punah ?

Tahu dong siapa Bangsa Maya … Ya tentusaja. Ramalan kiamatnya menjadi sebuah filem 2012 yang menggegerkan itu. Tapi tahukah anda mengapa bangsa Maya yang cerdas ini punah ?

Aku jadi teringat tulisan lama di Dongengan ini tahun 2001 tentang Kepunahan Bangsa (Mind Reform). Isinya ternyata masih relevan dengan kepunahan Bangsa besar ini.

Apa sih yang menyebabkan dinosaurus punah ?” tanya Irsha anakku delapan tahun lalu.
Anakku yang sekarang udah kuliah ini ini suka sekali dengan binatang besar ini setelah menyaksikan filem Jurrasic Park.
Ada sih yang cerita karena tabrakan meteor“, Jawabku
Tapi kan meteor tidak cuma sekali saja kan menghunjam bumi ….. trus kenapa kok yang punah dinosaurus ? ….. dia kan badannya gede“, tanyanya lagi.

Sayapun waktu itu juga heran dan termangu ……

Penelitian sosiologi (non ecology) mungkin lebih menjelaskan ketimbang bukti fisik (ecology)

Peninggalan Maya di Palenque.

Akhirnya iseng-iseng saya baca tentang kepunahan dinosaurus serta binatang-binatang di bumi ini. Juga hilangnya bangsa-bangsa besar yang pernah ada di bumi ini…….Dan dari beberapa buku serta website yang kubaca ada yang berisi bahwa seorang Sociologist Melvin H. Tumin dan anthropologist John W. Bennett menemukan beberapa penyebab punahnya atau berakhirnya koloni atau beberapa bangsa yang pernah ada di dunia ini, termasuk didalamnya Bangsa Maya, Mesopotamia, Chaco Canyon, Mali and Songhai dll.

Ditempat lain ada ahli biologi yang meneliti kepunahan beberapa binatang yang pernah tinggal di bumi kita ini.

Penyebab kepunahan bangsa-bangsa itu biasanya berhubungan dengan adanya bencana alam ataupun peperangan yang mengakibatkan :

  1. Langkanya kebutuhan dasar biologis utuk makan, minum, papan, dan kesehatan;
  2. Hilangnya fasilitas-fasilitas industri produksi …. pabrik, aturan perburuhan dan kurangnya lapangan kerja, serta terhambatnya perdagangan;
  3. Terbatasnya fasilitas untuk mengembangkan diri, termasuk didalamnya fasilitas melahirkan, usia perkawinan dam aturan jumlah anak;
  4. Kurangnya pendidikan, termasuk didalamnya kurangnya penyampaian nilai-nilai budaya sehingga si anggota koloni dapat membrikan pengetahuannya ke generasi penerusnya;
  5. Hilangnya kepercayaan diri, semangat dan motivasi.

Menurut Thumin dan Bennet dari kelima penyebab diatas ternyata kebutuhan biologis menempati urutan terkecil, justru penyebab terakhirlah yang paling banyak berperan …… ya … hilangnya kepercayaan diri, ….. termasuk semangat hidup, ……. serta hilangnya motivasi diantara anggota koloni tersebut. ….. Wah aku makin tertarik saja membaca buku tentang kepunahan ini.

Hasil penelitian arkeologi menemukan sisa-sisa bangsa Maya ini telah kehilangan semangat hidupnya. Penelitian ahli biologi juga menemukan hilangnya semangat binatang-binatang yang hampir punah. Kita bisa lihat bagaimana malasnya dengan Orangutan di Kalimantan, Lemahnya gerakan Komodo di Pulau Komodo, serta binatang-binatang langka ini banyak yang kehilangan semangat hidup.

Hilangnya kepercayaan diri …… Loyonya semangat hidup …. Melemahnya motivasi ….. ya mestinya kita tahu sekarang.

Motivasi dan semangat

Hanya dengan kepercayaan diri, motivasi dan semangat hidup keempat penyebab kepunahan sebuah bangsa bisa dihindarkan.

Makanan bisa dicari kalau ada motivasi. Pekerjaan bisa diciptakan seandainya ada semangat. Proses pendidikan dapat diteruskan dengan adanya kepercayaan diri. Keterpurukan ekonomi bisa diatasi bila ada kepercayaan diri pada pelaku-pelakunya. Pabrik-pun bisa berproduksi kalau pegawainya tetap semangat bekerja. Indek saham bisa membaik kalo pelakunya tetap bergairah.

Peperangan paling besar adalah melawan diri sendiri, motivasi tidak bisa diberikan siapapun. Tetapi …. motivasi, semangat dan kepercayaan diri harus dicari oleh kita sendiri …. karena ini semua ada dalam diri kita…… hanya diri sendiri yang bisa memunculkan ….. hanya kita yang mampu menggugah kepercayaan diri ini …… namun banyak tantangan dari luar dan bukan dari dalam diri …. ya dari sekitar kita ini.

Kisah sang pilot yang percaya diri telah mendaratkan dengan selamat pesawatnya yang kehilangan baling-baling mengingatkan kita akan pentingnya kepercayaan diri serta usaha.

Apa yang kita pelajari dari kepunahan Bangsa Maya dan bangsa-bangsa besar lainnya

Kita semua tahu dan sadar …….

Saat ini Indonesia sedang mengalami keterpurukan ekonomi serta krisis sosial  …..bahkan saat ini banyak diantara kawan-kawan kita mengalami krisis kepercayaan diri …… saat ini kita sedang mengalami perubahan ….. mengalami pergeseran nilai-nilai kebenaran sosial …. Namun jangan sampai hilang motivasi hanya karena berita buruk yang diedarkan di hampir semua media …. Jangan hilang semangat hanya karena ramalan serta issue-issue menyesatkan.Quantcast

00-10:00

Naah, anda bisa menilainya sendiri. Kalau ada politisi, ekonom, industriawan atau bahkan teman sebelah yang menyatakan bahwa kita sedang menghunjam kebawah Kita tahu …. Sebenarnya dialah yang sedang menghunjamkan diri …. Dialah yang berusaha mempengaruhi kita mengikuti iramanya ….
Anda mau ikutan dia ? ….
Atau anda mau ikutan sang pilot yang percaya diri dan berusaha mendaratkan pesawat dengan selamat ? ……..

Pos ini dipublikasikan di Mengapa Begini??? Mengapa Begitu???. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s